Kamis, 09 Februari 2017

PETANI MUDA HANDAL HARAPAN KALTIM


Di era global saat ini, dimana kegiatan pertanian mulai tergeser dari kehidupan masyarakat yang diakibatkan oleh munculnya berbagai variasi kegiatan ekonomi. Di sisi lain generasi muda juga engan memikul identitas tani dalam kehidupannya yang dengan berbagai alasan, sepeti kotor, kumuh, ketinggal, dan lain sebagainya. Perasaan itu dijawab oleh SMK-SPP Samarinda.
SMK-SPP Samarinda sesuai misinya mencetak generasi muda yang handal, beriman, berjiwa interfrenuer dan berwawasan glabl di bidang pertanian untuk menutupi kebutuhan pertanian di Kalimantan Timur. Adapun para siswa-siswi yang berasal dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur dengan lama masa pendidikan yaitu tiga tahun dan mereka di asramakan selama masa pendidikan tersebut. Pada akhirnya mandiri serta mampu mencipatakn lapang kerja di masyarakat bukan pencari kerja.
Harapan Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan & Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur (Dr.Ir.H.Ibrahim,MP) kedepannya para lulusan, apakah mereka langsung kerja mengabdi ke daerahnya masing-masing atau seletah selesai melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, nantinya bisa menjadi pengerak dan membangun pertanian di daerahnya dan umumnya Kalimantan Timur.
Para petani mudah yang di persiapan SMK-SPP Samarinda ke depannya merupakan penerima estafet pembangunan pertanian Kalimantan Timur, dimana saat ini petani yang ada sudah berkurang akibat tidak ada yang meneruskan.
Selama masa pendidikan, para siswa-siswi dibekali berbagai materi pertanian yang disertai kombinasi ilmu dan teknologi inovasi pertanian dengan disesuaikan kebutuhan kedepannya. Kemudian juga mereka dibekali keterampilan-keterampilan teknologi mekanisasi pertanian, seperti perbaikan mesin-mesin pertanian, pengoperasian alat-alat mekanisasi pertanian baik yang kecil, sedang, maupun besar. Selain itu juga mereka semenjak semester pertama sudah diperkenalkan juga dengan cara berbudidaya tanaman yang ramah lingkungan, maksudnya sudah mendekati sistem berbudidaya yang organik.

Pada kesempatan apel senin, Pak Ibrahim (Kepala Dinas) menggali pendapat dari beberapa siswa-siswi. Kesimpulan yang didapatkan adalah “...para siswa-siswi yang tadinya merasa kebingunya mengikuti sistem pendidikan yang berlaku, akhirnya mereka mengakui ...BANGGA bersekolah di SPP sebab dengan pengalaman yang ada perubahan kedisiplinan, tanggung jawa, mental, spritual, dan pola fikir terjadi perubahan positif”.
Kebanggaan lain dari para siswa-siswi yaitu, mereka juga dapat saling mengenal dan berbagi pengalaman yang menjadikan keakraban diantara mereka.
Beberapa pengalaman ilmu yang mereka dapatkan dan siap diaplikasikan kelak dimana saat akhirnya mereka pulang dan kembali ke kampung halaman masing-masing untuk mengerakkan dan membangun sektor pertanian serta teknologi inovasinya.
Berikut pengalaman para siswa-siswi SMK-SPP Samarinda selama pendidikan, seperti :
1.       Bercocoktanam,


2.       Pengolahan lahan tanam,


3.       Penanganan mesin-mesin pertanian,

4.       Kegiatan pascapanen,

5.       Pembelajaran Biologi pertanian,

6.       Pembelajaran sistem multimedia,
7.       Pembinaan karakter,


8.       Kegiatan mental, spritual.

dan lainnya yang masih banyak lagi yang bersifat menunjang kepentingan kurikulum yang berlaku. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar